MIDSHIP = BAGIAN TENGAH LAMBUNG KAPAL.
Þ     ANCHOR = JANGKAR.
Þ     MAIN ENGINE = MESIN UTAMA KAPAL.
Þ     PROPELLER = BALING-BALING.
Þ     RUDDER = DAUN KEMUDI.
Þ     FORDWARD = BAGIAN DEPAN LAMBUNG KAPAL.
Þ     DOUBLE BOTTOM = KONSTRUKSI KAPAL DASAR BERGANDA.
Þ     BODY PLAN = PENAMPANG VERTIKAL KAPAL (TAMPAK DEPAN).
Þ     DRAFT = SARAT KAPAL. SARAT KAPAL TERBAGI MENJADI DUA, YAITU SARAT MUATAN PENUH DAN SARAT MUATAN KOSONG.
Þ     BASE LINE = GARIS DASAR
Þ     FRAME = GADING. GADING TERBAGI MENJADI DUA, YAITU GADING UTAMA (MAIN FRAME) DAN GADING BESAR ( WEB FRAME ).
Þ     BOLLARD = TEMPAT PENGIKAT TALI TAMBAT KAPAL.
Þ     CHAIN
 LOCKER = LUBANG YANG TERDAPAT PADA BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR YANG 
BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG KOTORAN DAN AIR LAUT YANG MENEMPEL PADA 
JANGKAR.
Þ     POOP DECK = GELADAK KIMBUL.TERLETAK PADA BAGIAN AFTER. PANJANGNYA ADALAH 20%-22% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).
Þ     MAIN DECK = GELADAK UTAMA
Þ     BULLWARK = BAGIAN LANTAI KAPAL PADA FORDWARD YANG DIBUAT TINGGINYA 2 M DARI MAIN DECK.
Þ     BULKHEAD
 = SEKAT. SEKAT TERBAGI ATAS : SEKAT CERUK BURITAN (STERN TUBE 
BULKHEAD), SEKAT RUANG MESIN (ENGINE ROOM BULKHEAD), SEKAT RUANG MUAT 
(MIDSHIP BULKHEAD), DAN SEKAT TUBRUKAN / CERUK HALUAN  ( COLLISION 
BULKHEAD).
Þ     DISPLACEMENT = BERAT AIR YANG DIPINDAHKAN OLEH BADAN KAPAL DIDALAM AIR.
Þ     OIL  TANK = RUANG MUAT BERUPA TANGKI MINYAK ( KHUSUS PADA KAPAL TANKER).
Þ     FORECASTLE
 = BAGIAN SISI KIRI-KANAN KAPAL YANG BERBENTUK DINDING PELAT YANG FUNGSI
 AGAR TIDAK TERJADI KECELAKAAN BAGI ANAK BUAH KAPAL SAAT PENAMBATAN TALI
 KAPAL. TINGGINYA BERKISAR ANTARA 0,9 - 1,4 METER. PANJANGNYA ADALAH 
8%-10% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).
Þ     GRAVITY = TITIK BERAT KAPAL.
Þ     BONJEAN = GAMBAR GARIS LENGKUNG YANG MERUPAKAN BESARAN TIAP-TIAP STATION DARI SARAT NOL SAMPAI GELADAK.
Þ     WATER LINE = GARIS AIR.
Þ     BOAT DECK = GELADAK SEKOCI. GELADAK YANG DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN SEKOCI ATAU DEWI-DEWI SEBAGAI ALAT KESELAMATAN PELAYARAN.
Þ     BRIDGE DECK = GELADAK JEMBATAN.
Þ     STERN
 TUBE = TABUNG POROS YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PELUMASAN POROS 
PROPELLER DENGAN BEARING, JUGA DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI PENYEKAT JIKA 
TERJADI KEBOCORAN. PADA PERENCANAAN INI, SEBAGAI PELUMAS POROS DIGUNAKAN
 AIR.
Þ     TONNAGE ( TONASE ) = KEMAMPUAN DAYA ANGKUT KAPAL.
Þ     HYDROSTATIC
 = GARIS LENGKUNG YANG TERDIRI DARI BEBERAPA MACAM KURVA UNTUK 
MENGETAHUI KARAKTERISTIK BADAN KAPAL YANG TERBENAM DI DALAM AIR.
Þ     FREEBOARD
 (DISEBUT JUGA PLIMSOLLMARK ATAU LOAD LINE.) = TINGGI TEPI GELADAK DARI 
PERMUKAAN AIR YANG DIUKUR PADA MIDSHIP ATAU DISEBUT JUGA MARKA 
KEAMBANGAN/LAMBUNG TIMBUL ATAU DAYA APUNG CADANGAN KAPAL.
Þ     METACENTRE = TITIK TENGAH KAPAL (METASENTRA).
Þ     BUOYANCY = TITIK TEKAN KE ATAS.
Þ     PORT  SIDE = SISI KIRI LAMBUNG KAPAL.
Þ     STARBOARD = SISI KANAN LAMBUNG KAPAL.
Þ     CARGO HOLD = RUANG MUAT KAPAL ( NON KAPAL TANKER).
Þ     LIFE  JACKET = JACKET KESELAMATAN.
Þ     LIFEBUOY = ALAT KESELAMATAN PELAYARAN YANG BERUPA PELAMPUNG.
Þ     BREADHT = LEBAR KAPAL.
Þ     AFTER = BAGIAN BELAKANG KAPAL.
Þ     STEM = HALUAN.
Þ     STERN = BURITAN.
 
informasi bagus mas (y)
BalasHapusTerima kasih banyak, sangat membantu
BalasHapusSangat membantu sy utk mengetahui tentang Bangunan Kapal
BalasHapus