P2TL
1. Untuk mencegah bahaya tubrukan
maka Nakhoda dapat menyimpang
dari aturan P2TL :
a. Bilamanakah hal tersebut dapat
dilaksanakan ?
b. Dalam aturan manakah
tercantumnya pernyataan itu ?
c. Berikan salah satu contoh dari hal
tersebut diatas ?
Jawab :
a. Nakhoda dapat menyimpang dr
aturan
P2TL bila mana ada atau
timbul bahaya2 yg mendadak demi
keselamatan
navigasi
b. Penyimpangan aturan ini terdapat
didalam
aturan
2 b P2TL
c. Contoh penyimpangan aturan ini
yaitu
bila kita berlayar di dalam per-
aiaran yg sempit yg tdk memungkin-
kan
utk melakukanpenyusulan,tiba-
tiba
di depan kapal kita ada kapal yg
sedang
keluar dari darat dan masuk
di
perairan sempit di depan kapal kita
dg kecepatan
di bawah kecepatan dg
kapal
kita, jarak tidak aman antara
kapal,shg boleh untuk tdk
mengikuti
aturan
P2TL dg cara berputar untuk
tujuan
menjaga jarak aman.
2. a. Hal-hal apakah yang
harus
dilaksanakan bila berlayar di TSS ?
b. Hal-hal apakah yang dilarang di
TSS ?
Jawab :
a. Hal-hal
yang harus dilaksanakan
bila berlayar di TSS, adalah :
# Berlayar menjauhi daerah TSS dan
didalam alur TSS.
# Memasuki TSS pada ujung jalur.
# Tidak memotong TSS.
# Apabila berlayar langsung
seyogyanya menggunakan TSS.
# Apabila berlayar dekat pantai
seyogyanya menjauhi TSS.
b. Hal-hal yang dilarang di TSS,
adalah :
Memasuki daerah TSS kecuali kapal :
# Yang Berlabuh jangkar dalam TSS.
# Kapal kecil, layar, kapal ikan
dilarang mengganggu kapal yang
berlayar dalam TSS.
3. Setiap aturan di dalam PIMTL 1972,
harus ditaati dan
dilaksanakan dg
baik dan benar serta
mengacu pada “
Kebiasaan Pelaut yang baik
“
a. Oleh siapakah dan
dimanakah
peraturan ini harus
dilaksanakan ?
b. Apakah yang dimaksud
dengan
pengertian “ Kapal “
disini ?
c. Dalam hal apakah
peraturan ini
boleh tidak ditaati
?
d. Apakah yang dimaksud dengan “
Kebiasaan Pelaut yang
baik “ ?
Jawab :
a. Oleh siapa & di mana peraturan
P2TL
dilaksanakan
yaitu oleh semua
kapal
yg mengapung di air dan bisa
memindahkan
barang & jasa dari satu
tempat
ke tempat lain dan aturan ini
berlaku
di semua perairan yg dapat di
layari
kapal & berhubungan dg laut
lepas
b. Kapal yaitu mencakup setiap jenis
kendaraan
air,termasuk kapal tanpa
berat
benaman dan pesawat terbang
laut,yg
di gunakan atau dapat diguna-
kan
sebagai sarana pengangkutan di-
air
c. Dalam hal apakah peraturan P2TL
boleh
tidak di taati
yaitu jika ada
atau timbul bahaya2 yg mendadak
untuk
keselamatan navigasi.
d. Yang di maksud dg kebiasaan
pelaut
yg baik
yaitu :
- Selalu menganggap bahwa bahaya
itu
selalu ada setiap saat.
- Melakukan pengamatan secara
cermat
danberkala,utk mendeteksi
adanya
bahaya yg mendadak.
-
melakukan pengecekan posisi
secara
rutin.
-
menjaga kebugaran jika akan
melaksanakan
tgs jaga.
- menggunakan
sarana bantu navigasi
dg
optimal untuk menditeksi adanya
bahaya2
yg mendadak.
4. Penerangan dan tanda-tanda/isyarat
apakah yang harus
diperhatikan atau
diperdengarkan oleh sebuah
kapal
tenaga yang panjang 50 m
di daerah
berkabut tebal sebagai
berikut :
a. Sedang berlabuh
jangkar didekat
oleh kapal lain
b. Sedang berlayar dan
mengubah
haluanya kekiri
c. Sedang mendogol,
jaringnya
tersangkut didasar
laut
d. Sedang kandas
Jawab :
Penerangan dan tanda2 isyarat yg hrs di
perhatikan atau di perdengarkan oleh kapal tenaga panjang 50 m di daerah
berkabut tebal oleh kapal tenaga :
a. Sedang berlabuh jangkar di dekati
oleh
kapal lain
yaitu :menyalakan
lampu
putih keliling, memperlihatkan
1 bola2
hitam di tempat yg paling
baik,
membunyikan 3 tiup berturut-
turut
yakni 1 tiup pendek,1 tiup
panjang
dan 1 tiup pendek ( . ̶ . )
b. Sedang berlayar dan mengubah
haluan
nya ke kiri
yaitu: menyalakan
lampu2 navigasinya(lampu tiang
lambung,buritan),membunyikan
1 tiup
panjang( ̶ ) dg
selang waktu tidak
lebih
dari 2 menit,kemudian pd waktu
akan
merubah haluan nya kekiri hrs
membunyikan
2 tiup pendek ( . . )
c. Sedang mendogol,jaringnya ter-
sangkut
di dasar laut
yaitu 1 tiup
panjang
di susul oleh 2 tiup pendek
( ̶ . .
) dg selang waktu tdk lebih dari
2
menit.
d. Sedang kandas yaitu :menyalakan 3
lampu merah keliling dg catatan lam-
pu
navigasinya mati,memperlihatkan
3
bola2 hitam bersusun tegak,mem-
bunyikan
genta dan jika di perlukan
isyarat
gong dan sebagai tambahan
hrs
membunyikan 3 pukulan terpisah
dan
jelas pd genta ,segera sebelum
dan
sesudah bunyi genta secara
cepat
itu dan juga boleh membunyikan
isyarat
suling yg sesuai sebagai
tambahan.
5. a. Aturan 17 adalah diwajibkan bagi
kapal yang
bertahan.Bagaimana-
kah tindakan kapal yg
bertahan ini
melihat kapal lain
masih jauh ?
b. Bagaimanakah tindakan
kapal yg
bertahan apabila kapal
lain itu
makin dekat, jelakan !
c. Jika sampai pada tahap
yg terakhir
kapal lain itu tidk
melakukan tinda-
kan apapun,maka apa
tindakan
kapal yang bertahan,
jelaskan !
Jawab :
a. Tindakan kapal yg bertahan meli-
hat
kapal lain masih jauh yaitu tetap
bertahan mempertahankan haluan
dan
kecepatan nya dan boleh ber-
tindak
utk menghindari tubrukan dg
olah gerak nya sendiri ,segera
setelah
jelas baginya bahwa kapal yg
diwajibkan menyimpang tdk mengam-
bil
tindakan yg sesuai dalam meme-
nuhi
aturan P2TL.
b.Tindakan kapal yg bertahan jika kpl
lain
makin mendekat
yaitu tetap ber-
tahan
menjaga haluan dan kecepatan
nya
dan melakukan olah gerak sendiri
untuk
menghindari bahaya tubrukan
jika
di anggap perlu.
c. jika pd tahap terakhir kapal lain itu
tdk
melakukan tindakan apapun,mk
tindakan
kapal yg bertahan yaitu
boleh
bertindak untuk menghindari
tubrukan
dg olah gerak nya sendiri,
segera
setelah jelas bagi nya ,bahwa
kpl
yg di wajibkan untuk menyimpang
tidak
mengambil tindakan yg sesuai.
6. Apa yg diperhatikan oleh MualimJaga
dianjungan pada malam
hari.
a. Sebelum menerima tugas
jaga laut
b. Saat mengadakan Look
Out yang
baik
c. Cara menghindar bahaya
tubrukan
Jawab :
a.sebelum
menerima tugas jaga laut
perwira pengganti hrs mendapat
kepastian tentang :
-
perintah harian dan petunjuk khu-
sus
nakhoda berkaitan dg navigasi
- posisi,haluan,kecepatan
dan sarat
Kpl.
- keadaan
laut saat itu
-
prosedur penggunaan mesin induk
utk olah gerak jika dlm kaadan
darurat.
- kondisi
semua alat navigasi hrs baik
b.tindakan
perwira jaga dlm tampak
terbatas sehubungan dg mengada-
kan lookout yg baik yaitu :
-
menjaga kewaspadaan terus mene
rus dg penglihatan dan pendengar-
an
dan juga dg sarana lain yg ada.
- memperhatikan
sepenuhnya situasi
dan resiko tubrukan, kandas dan
navigasi
lainnya.
-
mendeteksi kpl2/pesawat terbang
yg
sedang berada dlm bahaya,org2
yg
mengalami kecelakaan kpl,ke-
rangka kpl dan bahaya2 lain yg
mengancam
navigasi
c.tindakan
perwira jaga dlm tampak
terbatas sehubungan dg menghin-
dari bahaya tubrukan yaitu :
-
tindakan hrs tegas dlm wkt ygcukup
- perubahan
haluan hrs besar shg
mnjadi
jelas dan nyata.
- tindakan
perubahan haluan apabila
perairan
memungkinkan.
-
hrs memiliki jarak aman dan peru-
bahan
kecepatan.
7. Apa tindakan Mualim Jaga yang
berlayar didekat atau
dalam daerah
tampak terbatas, sehubungan
dg :
a. Penggunaan pesawat
radar
b. Kecepatan kapal
c. Saat memanggil Nakhoda
Jawab :
a.tindakan
mualim jaga sehubungan
dgn penggunaan
radar
= penggunaan
radar terus menerus terutama pd
perairan yg penuh dg LALIN kpl
lain,mualim jaga hrs menjamin bhw
skala jarak yg di terapkan di ubah
secara berkala shg setiap sasaran
dpt terdeteksi sedini mungkin,perlu di
ingat bhw sasaran kcl yg krg jelas dpt
lolos dr pengamatan radar.
b.Tindakan
mualim jaga dlm tampak
terbatas
sehubungan dg kec kapal
adalah kec kpl di bikin sedemikian
rupa ( kecepatan aman ) shg dpt
mengendalikan tubrukan dan
menyiapkan mesin utk melakukan
olah gerak setiap saat.
c.
Tindakan mualim jaga dlm tampak
terbatas
sehubungan dg saat
memanggil
nakhoda adalah
- jika trjdi/diperkirakan akan terjadi
berkurangnya jarak tampak.
- kondisi LALIN serta gerakan kpl2
lain yg mengharuskan perhatian
khusus.
- jika sulit mempertahankan haluan
yg benar.
- jika tdk berhasil melihat adanya
daratan,tdk ada rambu navigasi.
- jika terjadi kerusakan mesin.
- jika dalam cuaca buruk merasa
ragu2 tentang kemungkinan akibat
buruk yg akan terjadi.
8. Apa semboyan kabut dari kapal yang,
a. Berlabuh jangkar
b. Menangkap ikan
c. Terkekang oleh
saratnya
Jawab :
a.berrlabuh
jangkar = hrs membunyi-
kan genta dg cepat selama kira2
5 detik dg selang wkt yg tdk lbh
dr 1 mnt. Kpl pnjg 100 meter genta
itu hrs di bunyikan di bagian depan
kpl dan segera setelah pembunyian
genta ,gong hrs dg cepat selama
kira2
5 detik di bagian
belakang kpl.
b.kpl
menangkap ikan=hrs memper-
dengarkan 3 tiupan beruntun yakni 1
tiupan pnjg diikuti 2 tiupan pndek
(
̶ .. ) dg selang wkt tdk lbh dr 2
mnt.
c.kpl
terkekeng oleh saratnya= hrs
memperdengarkan 3 tiupan beruntun
yakni 1 tiupan pnjg diikuti 2 tiupan
pndek (
̶ .. ) dg selang wkt tdk lbh dr
2 mnt.
9. a. Bagaimana
proses menyusul kapal
lain di perairan sempit ?
b. Apa perbedaan antara menyusul
kapal lain diperairan sempit dan
dilaut bebas ?
c. Apa kewajiban kapal yang
menyusul kapal lain ?
Jawab :
a.proses kapal menyusul
kapal lain di
perairan sempit yaitu :
- kpl yg menyusul memperdengarkan
isyarat suling 2 pnjg 1 pndek ( ̶
̶ . )
= sy hendak menyusul dr lambung
kanan.
- 2 pnjg 2 pndek ( ̶
̶ .. )=sy hendak
menyusul dr lambung kiri.
- Kpl yg di susul menunjukkan perse-
tujuannya dg 1 pjng 1 pndk 1 pnjg 1
pndek ( ̶
. ̶ . ) =setuju utk di susul.
- 5 pendek ( . . . . . ) = merasa ragu2
akan tindakan kpl lain.
b.Perbedaan
kpl yg menyusul diper-
airan sempit dan di laut bebas yaitu
- menyusul
di perairan sempit hrs
membunyikan isyarat bunyi,sedang
kan.
- menyusul
di laut bebas sebuah kpl
di anggap menyusul jika mendekati-
nya
arah lbh dr 22°,5 lbh kebelakang
arah melintang dan pd mlm hari
hanya
melihat penerangan buritan.
c.Kewajiban
kpl yg menyusul adalah
hrs membebaskan kpl yg di susul
sampai bebas betul.
10. kapal A
berhaluan 035o kecepatan
17 knots. Sebuah lampu merah dari
kapal lain, pada jam 02.20 di baring
120o, pada jam 02.22 dibaring
110o.
a. Pada jam 02.22, berapakemung-
kinan haluan kapal lain tersebut ?
b. Apa tindakan Mualim Jaga pada
jam 02.22
Jawab :
a.haluan
kpl B adalah
000°
b.tindakan mualim
jaga yaitu:
- situasi
yg terjadi adalah situasi
tubrukan,mk
tindakan perwira jaga
sesuai
dg aturan 15 P2TL ,kapal yg
mendapatkan kapal lain itu pd lam-
bung kanan nya hrs menyimpang
dan
jika peristiwa nya mengijinkan
hrs
menghindari untuk memotong di
muka kapal yg lain itu.
11. Setiap
aturan di dalam P2TL 1972
harus ditaati dan dilaksanakan :
a. Dimanakah aturan-aturan ini
diberlakukan ?
b. Kapan dan siapakah aturan
aturan ini dilaksanakan ?
c. Siapakah yang harus bertang-
gung jawab, apabila sebuah
kapal dikenai oleh aturan ini ?
Jawab
:
a.menurut
aturan 1 (a ) pemberlakuan
,aturan ini berlaku bagi semua kpl di
laut lepas dan di semua perairan yg
berhubungan dg laut dan dpt di layari.
b.aturan
P2TL di laksanakan setiap
saat dan bagi semua kpl.
c. yg bertanggungjawab
mnrut aturan
2(a) adlh kpl,pemilik
kpl,nakhoda dan
awak kpl.
12. Bagaimana
tugas-tugas seorang
perwira jaga dianjungan yang harus
dilakukan pada saat kapal sedang
berlayar sehubungan dengan :
a. Tanggung jawabnya sebagai
perwira navigasi !
b. Tanggung jawabnya untuk
melaksanakan P2TL.
Jawab :
a.tanggungjawab
perwira navigasi
adlh melayarkan kpl dr satu tmpt ke-
tmpt lain dg memperhatikan keaman-
an kpl,keamanan muatan, penentuan
posisi dan terhindar dr bahaya navigasi
b. tanggungjawab
utk melaksanakan
P2TL mnrt aturan 2(b) pertanggung-
jawaban adlh hrs
memperhatikan
semua bahaya navigai dan mencegah
bahaya tubrukan,termasuk keadaan
khusus,keterbatasan kapal yg
bersangkutan yg dpt memaksa untuk
menyimpang dari aturan ini untuk
menghindari bahaya2 yg mendadak.
13. Saudara
sebagai perwira tugas jaga
dikapal tenaga yg sedang dipandu
oleh seorang pandu, berlayar diper-
airan sempit sesuai aturan 9 P2TL
1972.
a. Tindakan apakah yang harus
dilakukan oleh pandu untuk
dapat berlayar dengan aman
diperairan tersebut ?
b. Tindakan apakah yg harusdilaku-
kan, apabila sedang berlayar
mendekatitik memotong ungan
yg terhalang oleh pepohonan ?
c. Bagaimana tindakan saudara,
apabila timbul keragu-raguan
terhadap tindakan pandu tsb ?
Jawab
:
a.tindakan yg hrs
di lakukan oleh
pandu utk berlayar di perairan
sempit mnrt aturan 9(a) alur
pelayaran sempit adlh kpl yg berlayar
mengikuti alur pelayaran sempit hrs
mempertahankan jarak sedekat
mungkin dg batas luar alur pelayaran
atau alur pelayaran yg berada di
lambung kanan nya.
b.tindakan yg hrs
di lakukan apabila
sedang berlayar mendekati tikungan
yg terhalang oleh pepohonan mnrt
aturan 34(e) adlh isyarat olah
gerak
dan peringatan hrs membunyikan
1 tiup pnjg ( ̶ ).
c.tindakan apabila
timbul keragu-
raguan thdp tindakan pandu adlh
hrs mengambil alih komando dr
pandu krn pandu hanya sebagai
penasehat.
14. Didalam
aturan 7, P2TL 1972
menyatakan bahwa setiap kapal
harus menggunakan semua sarana
yang tersedia, dalam menentukan
adanya bahaya tubrukan.
a. Sarana apakah yang paling
memadai untuk digunakan ?
b. Jelaskan caranya masing-masing
Jawab :
a.sarana yg di
gunakan utk menentu-
kan adanya bahaya tubrukan adlh
- binocular
- radar atau ARPA
- AIS
- alat baringan
- kompas dll
b. cara melakukannya yaitu :
- binocular = gunakan binocular jika
ada target yg dpt di amati secara
visual untuk memastikan kpl yg
sedang mendekat
- radar
/ arpa = perhatikan kpl yg
sedang mendekat dilayar radar,
apakah baringan & jarak nya aman
atau tdk untuk kpl kita.
- alat baringa = lakukan baringan ke
kpl yg mendekat,baringan nya
tetap atau tdk.
- kompas = amati kpl yg mendekat
dg kompas,baringan nya tetap atau
tdk.
15.
Penerangan dan tanda-tanda apa-
kah yg hars diperlihatkan/dipasang
pada sebuah kapal tenaga panjang
50 meter yang sedang :
a. Berlabuh jangkar dan membong-
kar mesin induk
b. Mengalami mesin rusak dan
sedang berlaju
c. Menolong orang jatuh dilaut
d. Mendogol dan belaju
Jawab :
a.penerangan dan
tanda pd kpl yg
berlabuh jangkar dan membongkar
mesin induk :
* siang hari 1 buah bola-bola
* mlm hari 1 lampu depan putih
keliling dan 1 buah lampu putih
belakang keliling.
b.kpl mengalami mesin rusak dan ada
laju:
* siang hari 2 buah bola-bola
* mlm hari 2 lampu merah keliling dan
lampu navigasi
c. menolong orang jatuh ke laut :
* siang hari bendera “ O “.
* mlm hari merah putih merah keliling.
d.mendogol dan berlaju :
* siang hari 2 buah kerucut bersusun
yg ujungnya saling bertumpu.
* Mlm hari lampu hijau putih keliling
dan lampu navigasi.
16. Dua buah kapal tenaga haluanya
bersilangan seperti nampak pada gambar.
A B
a. Bagaimana cara mengetahui
bahwa
ada resiko tubrukan ?
b. Jika resiko itu ada, apa
tindakan
masing-masing kapal ?
Jawab :
a.cara mengetahui bahwa ada resiko
tubrukan (lihat
gbr)
:
* Merasa ragu2
* Perubahan baringan pedoman kapal
yg mendekat dg perubahan yg tdk
berarti.
* Perubahan baringan besar,tetapi
mendekati kapal yg sangatbesar,ka-
pal tunda,dalam jarak terlalu dekat
b.tindakan masing2 kpl:menurut
aturan 15
tentang situasi persilang-
an.bila mana 2
buah kpl tenaga
bersilang yg dpt
mengakibatkan
bahaya tubrukan
mk kpl yg di sebelah
kanan nya
terdapat kpl lain mk hrs
menyimpang &
jika keadaan
mengijinkan dpt
memotong di depan
kpl lain .kpl A
menyimpang dan kpl B
bertahan.
17. Dalam keadaan tampak
terbatas,
apa artinya isyarat bunyi dengan
suling berikut ini :
a.
▬ ( satu tiup panjang )
b. · · ( dua tiup pendek )
c. · ▬ · ( satu pendek, satu
panjang,
satu pendek )
d. ▬
▬ ( dua tiup panjang )
Jawab :
a.1 tiup pnjang (
̶ ) =kpl tenaga yg
sedang berlayar
dan memiliki laju
trhdp air.
b.2 tiup pnjng (
̶ ̶ )=kpl tenaga yg
sedang berlayar
tetapi berhenti dan
tdk mempunyai
laju thdp air
c.1 pndk 1 pnjg 1 pndk ( .
̶ . )=kpl yg
sedang berlabuh
jangkar dan utk
memperingati kpl
lain yg mendekat pd
tmpt
kedudukannya.
18. Terangkan artinya istilah berikut ini :
a. Satu surat
b. Busur tampak
c. Jarak tampak
Jawab :
a.1 surat = busur derajat yg memiliki
sudut
sebesar 11.25.
b.busur tampak = sektor dr suatu
penerangan
yg di nyatakan dlm
derajat.
c.jarak tampak = batas penglihatan
suatu
penerangan yg di nyatakan
dlm
satuan mil.
19. Sebuah kapal akan memasukiBagan
Pemisah lalu lintas (
Traffic
Separation Schemes )
Jelaskan hal
hal apa yang :
a. Diwajibkan
b. Dilarang
c. Disarankan
Jawab :
a).diwajibkan=
- berlayar sesuai dg arah jalur.
- bila memasuki bagan pemisah tdk
pd ujung jalur dan membuat sudut
sekecil mungkin.
- apabila terpaksa memotong bagan
pemisah hrs membentuk sudut
mendekati siku2.
- hrs berlayar dg hati2 dan waspada.
b).dilarang=
- belabuh jangkar d dlm trafic sepan-
jang keaadan mengijinkan
- kpl kcl,kpl yg sedang menangkap
ikan dan kpl layar dilarang meng-
ganggu kpl yg sedang berlayar
secara aman dlm bagan pemisah.
c).di sarankan=
- berlayar menjauhi daerah pemisah.
- memasuki bagan pemisah pd ujung
Jalur.
- tdk mermotong bagan pemisah.
- apabila berlayar langsung seharus-
nya menggunakan bagan pemisah.
-apabila berlayar dekat pantai seha-
rusnya menjauhi bagan pemisah.
20. Jelaskan artinya kpl yg memasang
sosok benda berikut ini
:
a. b.
HITAM
H
HITAM
Jawab :
a.bola2
htm dua=termasuk dlm aturan
27,kpl tenaga yg tdk dpt di olah gerak
dan kpl yg terbatas kemampuan olah
geraknya.
b.silinder
= termasuk dlm aturan 28,kpl
tenaga yg terkekang oleh saratnya.
21. Jelaskan apa yang dimaksud dg :
a. Kapal
b. Kapal terbatas
kemampuan olah
geraknya
c. Berlayar
d. Kapal yang
terkekang oleh
saratnya
Jawab :
a.kpl=semua
jenis pesawat air dan
pesawat terbang laut yg di pakai sbg
alat angkutan di air.
b.kpl
terbts kemampuan olah gerak-
nya =
kpl yg krn oleh sifat pekerjaan-
nya yg terbatas kemampuan olah ge-
raknya spt di isyaratkan oleh aturan
ini,shg tdk mampu menyimpangi kpl
lain.
c.berlayar=kpl
yg tdk berlabuh,tdk di
ikat dg daratan dan tdk kandas
d.kpl
yg terkungkung olehsaratnya=
kpl tenaga yg krn
saratnyasehubung-
an dg kedalaman air yg ada menye-
babkan kemampuannya terbatas utk
menyimpang dr haluanya
22. a. Saudara sebagai perwira jaga
navigasi, akan
menggantikan
tugas jaga di anjungan,sebelum
melaksanakan tugas,
apa yang
harus dilakukan ?
b. Hal-hal apakah yang
perlu
diperhatikan pada
saat kapal
anda memasuki daerah
tampak
terbatas ? jelaskan
!
Jawab :
a.prosedur
pergantian jaga saat kpl
berlayar =
*
Perwira pengganti hrs menjamin
bhwa
anggotanya mampu menjalan-
kan tugas dg baik mampu menye-
suaikan
pandangan di mlm hari
*perwira pengganti hrs memperoleh
kepastian
ttg :
- perintah harian dan petunjuk.
khusus nakhoda berkaitan dg
navigasi.
- posisi,haluan,kecepatan dan
sarat kpl
- keadaan laut saat itu
- prosedur penggunaan mesin
induk utk olah gerak jika dlm
keadan darurat
- kondisi semua alat navigasi hrs
Baik.
b.hal yg di perhatikan saat memasuki
daerah tampak
terbatas:
-
menyalakan lampu/penerangan
Navigasi.
- menyiapkan
mesin.
- menyiapkan
pembantu pengamat
- menyiapkan
radar
- menyiapkan
isyarat bunyi.
-
memberi tahu nakhoda dan Kamar
Mesin.
- mengurangi
kecepatan.
-
mendapatkan posisi kpl sesegera
Mungkin.
23. a. Kapal berlayar menggunakan
kecepatan aman.
Jelaskan yang
dimaksud dengan
KECEPATAN
AMAN !
b. Faktor-faktor apakah
yg menjadi
pertimbangan bahwa
sebuah
kapal berlayar
menggunakan
kecepatan aman ?
jelaskan !
Jawab :
a.kec
aman=kec yg layak di berikan shg
dpt mengambil tindakan yg tepat dan
efektif utk menghindari tubrukan dan
dpt di hentikan pd jarak yg sesuai dg
situasi dan kondisi yg ada.
b.faktor2
yg menjadi pertimbangan
kpl berlayar dg kec aman=
- kepadatan lalu lintas
- daya tampak
- adanya bahaya navigasi
- sarat kpl sehubungan dg perairan
yg ada.
-
kemampuan olah gerak kapal sehu-
bungan
dg jarak henti kpl dan
lingkaran
putar kpl.
-
adanya latar belakang.
24 Saudara sebagai perwira jaga
navigasi, kapal saudara
akan
memasuki kawasan tata
lalu lintas
(TSS ), jelaskan
bagaimana tata
cara berlayar pada
daerah tata lalu
lintas ( TSS )! Jelaskan
!
Jawab :
tata
cara berlayar pd daerah LALIN TSS :
- berlayar menjauhi bagan pemisah
- memasuki bagan pemisah pd ujung
jalur.
- tdk memotong bagan pemisah
- bila memasuki bagan pemisah tdk pd
ujung jalur dan hrs membuat sudut
sekecil mungkin.
- apabila terpaksa memotong hrsmem-
bentuk sudut mendekati siku2
25. a. Dua kapal saling berhadapan,
apa tindakan masing-masing?
Jelaskan
b. Dua kapal saling bersilangan dan
beresiko tubrukan apa tindakan
masing-masing
?Jelaskan !
Jawab :
a.tindakan
2 kpl yg saling berhadap
an=Apabila 2 kpl tenaga haluan
saling berhadapan/hampir berhadap-
an dan dpt mengakibatkan bahaya
tubrukan mk,masing2 kpl hrs meru-
bah haluan kekanan (passing kiri2),
aturan 14 a
b.tindakan
2 kpl yg salingbersilang-
an=apabila 2 kpl tenaga saling ber-
silangan /hampir bersilangan yg dpt
mengakibatkan tubrukan mk kpl yg
mendapatkan kapal yg lain itu pada
lambung kanan nya ,hrs menyimpang
dan jika keadaan peristiwa mengijin-
kan,hrs menghindari untuk memotong
di muka kapal yg lain itu, aturan 15.
26. Didalam Chapter VIII STCW Code
1995 tentang WATCHKEEPING
diatur tentang :
a. FITNESS FOR DUTY
b. MINIMUM REST PERIOD
c. DRUG & ALCOHOL
ABUSE
Jelaskan maksudnya !
Jawab :
a.fitnes
for duty adlh kesiapan atau
kebugaran dr masing2 crew utk mela-
kukan dinas jaga navigasi di atas kpl,
yg menyangkut kshtan jasmani dan
rohani.
b.minimun
rest period :
*
minimum istirahat 10 jam selama
periode
24 jam, jam jaga dpt di bagi
mnjd
2 periode ,di mana salah satu
nya
tdk kurang dr 6 jam
*aturan
ini tdk berlaku dlm keadaan
darurat.
* meskipun
jam istirahat minimal 10
jam
tapi hal ini tdk boleh terjadi
selama
2 hari berturut-turut dan
selama
7 hari jumlah tdk boleh
kurang
dr 70 jam.
* jadwal
masing2 di tempel di tmpt yg
Jelas.
c.drug & alcohol abuise = pengecekan
penyalah gunaan
obat-obatan dan
alcohol oleh
personel kapal sebelum
tgs jaga.
27. Kapal-kapal apakah yang
dipuncak
tiangnya memasang penerangan
penerangan berikut ini :
a. b. c.
P M M
P M P
P M
Jawab :
a.
3 putih bersusun : kpl yg sedang
melakukan
penundaan /towing dan
panjang tundaan lebih dr 200 meter.
b.
2 merah bersusun tegak : kpl yg
sedang mengalami rusak mesin atau
not under command.
c.
merah putih merah bersusun tegak
kpl yang terbatas kemampuan olah
geraknya.
28. Kapal-kapal A akan menyusul kapal
B di alur pelayaran sempit, seperti
nampak pada gambar
A B
a. Isyarat-isyarat apa yg dibunyikan
oleh A dan apa artinya ?
b. Isyarat-isyarat apayg dibunyikan
oleh B dan apa artinya ?
c. Sebutkan prosedur penyusulan
sesuai aturan 9 P2TL!
d. Isyarat bunyi apa yg harus diper-
dengarkan oleh kpl B?sebutkan!
Jawab
:
a.isyarat yg di bunyikan oleh kapal
A
yaitu :
- jika menyusul lewat lambung kiri :
2 panjang 2 pendek ( ̶ ̶ ..
) artinya
akan menyusul pd sisi lambung kiri
- jika lambung kanan 2 panjang
1 pendek ( ̶ ̶ . )
artinya akan
menyusul pd sisi lambung kanan.
b. isyarat yg di bunyikan oleh kapal B
yaitu :
- jika
setuju memberi isyarat 1panjang
1
pendek 1 panjang 1 pendek
( ̶
. ̶ . ) dan jika ragu-ragu memberi
isyarat 5 pendek ( . . . . . )
29.
Terangkan artinya istilah berikut :
a. Saling melihat
b. Situasi berhadapan
c. Tampak terbatas
Jawab :
a.saling melihat = situasi di mana kpl
yang satu dpt di
lihat secara visual
oleh kpl lain.
b.saling berhadapan = apabila kpl lain
di haluan atau
hampir di haluan pd
siang hari
tiangnya berhimpit atau
hampir
berhimpit dan pd mlm hari
penerangan tiangnya
segaris dan dpt
melihat
kedua penerangan lambung-
nya
c.tampak
terbatas =suatu kondisi di
mana pengamatan terhalang oleh
suatu sebab seperti (kabut,hujan,
badai,ombak besar dll ).
30. Gambarkan bagan penerangan
tiang, penerangan lambung dan
penerangan buritan kapal tenaga
panjang 100 m lengkap dengan :
a. Warna
b. Busur tampak
c. Jarak tampak
Jawab :
31. Terangkan artinya istilah berikut ini :
a. Tampak terbatas
b. Kecepatan aman
c. Pengamatan yang
baik
Jawab :
a. saling melihat = situasi di mana kpl
yg satu dpt di
lihat secara visual oleh
kpl lain.
b. kecepatan
aman=kec yg layak di
berikan shg dpt
mengambil tindakan
yg tepat dan efektif
utk menghindari
tubrukan dan
dpt dihentikan pd jarak
yg sesuai dg
situasi dan kondisi yg
ada.
c.pengamatan
yg baik adalah melakuk-
an pengamatan dg penglihatan dan
pendengaran maupun dg mengguna-
kan semua sarana yg tersedia dalam
suasana dan keadaan yg ada , shg
dapat membuat penilaian sepenuh
nya thd situasi dan bahaya tubrukan.
32. Kapal A, B, C dan D menyusul
kapal P seperti nampak
pada gbr
A
P
D B C
a. Terangkan mengapa
kapal D
ragu-ragu ?
b. Tindakan apa yang
harus
dilakukan kapal D
? Jelaskan !
Jawab :
a.kpl
D ragu-ragu karena haluan nya
akan menimbulkan ragu-ragu,apakah
situasi menyusul atau memotong.
b.tindakan
yg hrs di lakukan oleh
kpl D adalah dg merubah
haluan nya
shg kpl D akan menyusul kpl P dg
aman &
bebas
33. Sosok-sosok benda apakah yang
harus diperhatikan oleh
kapal-kapal
yang :
a. Berlabuh jangkar
b. Kandas
c. Sulit dikendalikan
Jawab :
a.berlabuh jangkar = 1 bola2 hitam di
tempatkan di
haluan dan dpt di lihat
dg baik.
b.kpl kandas= 3 bola2 hitam di letakkan
di tiang
anjungan.
c.sulit di kendalikan = 1 bola2 hitam,
1 belah
ketupat,1 bola2 hitam di
susun dlm
garis tegak di tempatkan
di tiang
anjungan.
34. Dalam keadaan “ saling melihat “,
apakah artinya isyarat
bunyi berikut
ini :
a. · ( satu tiup pendek )
b. ·· ( dua tiup pendek )
c. ··· ( tiga tiup pendek )
d. ····· ( lima tiup pendek )
Jawab :
a.
· ( satu tiup pendek )= saya akan
merubah haluan
ke kanan.
b. ·· ( dua tiup pendek )=saya akan
merubah haluan ke kiri.
c. ···
( tiga tiup pendek )= saya
mengolah
gerak kapal mundur.
d.
····· ( lima tiup pendek )=merasa
ragu2 akan tindakan kpl lain
35. a. Jelkaskan sektor2 penerangan
serta jarak lampu2
navigasi utk
kapal dg panjang 50m
atau lebih !
b. Pada saat kapankah
lampu2 tsb
dpt dinyatakan dan
dipadamkan?
c. Hal-hal apakah yg
perlu anda
perhatikan saat kpl
anda mema-
suki daerah tampak
terbatas?jelaskan.
Jawab :
a.sektor2
penerangan & jarak tampak
lampu2 navigasi kpl panjang 50 m
atau lebih yaitu :
- lampu tiang, kapal panjang 50 m
1 ( satu ) lampu tiang,kapal
panjang
> 50 m 2 ( dua) lampu tiang dg ke-
tentuan lampu tiang belakang 4.5 m
lebih tinggi dari lampu tiang muka,
sektor penerangan 225° & jarak
tampak 6 mil.
-
lampu lambung kanan ( hijau ),lam-
bung kiri ( merah ) dg sektor pene-
rangan 112.5° dan jarak tampak
3 mil.
-
lampu buritan ( putih ) dg sektor
penerangan 135° dan jarak tampak
3 mil.
-
lampu tunda( kuning ) dg sektor
penerangan 135° dan jarak tampak
3 mil.
-
lampu keliling putih,merah,kuning
dg sektor penerangan 360° dan
jarak tampak 3 mil.
-
lampu cerlang( kuning cerlang ) dg
sektor penerangan 360° dan jarak
tampak 3 mil.
b.Lampu2 navigasi dpt dinyalakan &
di padamkan pd waktu :
-
dinyalakan saat matahari terbenam
sampai saat matahari terbit dan saat
matahari terbit sampai saat matahari
terbenam dalam penglihatan terbatas
(hujan,kabut dll), jika di anggap perlu
-
di padamkan pd waktu tidak dibu-
tuhkan ( pd siang hari dg catatan
cuaca cerah dan pandangan/peng-
amatan dpt di lakukan dg baik).
c.hal yg di perhatikan saat memasuki
daerah tampak
terbatas:
-
menyalakan lampu/penerangan
Navigasi.
-
menyiapkan mesin.
-
menyiapkan pembantu pengamat
-
menyiapkan radar
-
menyiapkan isyarat bunyi.
-
memberi tahu nakhoda dan Kamar
Mesin.
-
mengurangi kecepatan.
-
mendapatkan posisi kpl sesegera
Mungkin.
36. a. Anda sedang melaksanakan
pengamatan sesuai
aturan 5(p2tl)
,apa manfaatnya?
b. Bagaimana dlm
pengamatan
anda mengetahui akan
adanya
bahaya tubrukan?
c. tindakan utk
menghindari bahaya
tubrukan yg
bagaimanakah diatur
dlm aturan 8(p2tl)
jelaskan
Jawab :
a.manfaat
pengamatan sesuai aturan
5 P2TL adalah dapat membuat
peni-
laian sepenuhnya /sedini mungkin thp
situasi dan bahaya tubrukan.
b.cara mengetahui bahwa ada resiko
tubrukan (lihat
gbr)
:
* Merasa ragu2
* Perubahan baringan pedoman kapal
yg mendekat dg perubahan yg tdk
berarti.
* Perubahan baringan besar,tetapi
mendekati kapal yg sangatbesar,ka-
pal tunda,dalam jarak terlalu dekat.
c.tindakan
utk menghindari bahaya
tubrukan yaitu :
-
tindakan hrs tegas dlm wkt ygcukup
-
perubahan haluan hrs besar shg
mnjadi jelas dan nyata.
-
tindakan perubahan haluan apabila
perairan memungkinkan.
-
hrs memiliki jarak aman dan peru-
bahan kecepatan.
37. Apa yg dimaksud dg istilah
a. berlayar tetapi
berhenti
b. kapal terbatas
kemampuan olah
geraknya
c. kapal2 apa saja yg
termasuk kapal
terbatas kemampuan
olah gerak?
Jawab :
a.kpl
berlayar tp berhenti adalah kpl
dlm kondisi sedang berlayar tetapi
mengalami kerusakan dlm perjalanan
shg kpl berhenti.
b.kpl
terbts kemampuan olah gerak-
nya =
kpl yg krn oleh sifat pekerjaan-
nya yg terbatas kemampuan olah ge-
raknya spt di isyaratkan oleh aturan
ini,shg tdk mampu menyimpangi kpl
lain.
c.kpl2
yg termasuk terbatas kemam-
puan olah gerak nya
yaitu:
·
kpl keruk
·
kpl VLCC
·
kpl menangkap ikan
·
kpl menarik kabel
·
kpl penyapu ranjau
·
kpl pemasang bouy
38. pada malam hari nampak pada layar
radar kpl anda sebuah
kpl lain pada
baringan relatif = 600
pada jarak 10
mil beberapa saat
kemudian kapal
anda membaring
lg.ternyata baring-
annya tetap.jarak
semakinberkurang
5 mil HS kpl anda =
UTARA.ditanya
a. dlm situasi apakah
ini ?
b. jlskan mengapa
nakhoda menya-
takan pasti ada
bahaya tubrukan?
Jawab :
a.situasi
yg terjadi adalah termasuk si-
tuasi tubrukan.
b.tanda2
ada bahaya tubrukan :
·
perubahan baringan tetap.
·
jarak semakin dekat.
39. sesuai dg INTERNATIONAL
CHAMBER OF SHIPPING
(ICS)
telah menyimpulkan
bahwabanyak-
nya tubtukan kapal
dilautdiakibatkan
kelemahan dari Bridge
organization :
a. jelaskan hal-hal
pokok saat penja
gaan dan pengawasan
secara
efisiensi dari
organisasi ini ?
b. Apa yg dimaksud dg
STANDING
ORDER.dan siapa
ygmelaksana
kannya?jelaskan.
Jawab :
a.hal2
pokok saat penjagaan &
pengawasan secara efisiensi dr
organisasi ( ICS ) yaitu:
- pengurangan
resiko human error yg
dpt
menimbulkan situasi kecelakaan
-
menekankan akn pentingnya peng-
amatan
yg baik & menghindarkan
kejadian
tubrukan.
-
menerima seorang pandu sebagai
pelengkap
bg Bridge team.
-
menyakinkan bhw semua penyim-
pangan2 istrument di ketahui dan di
terapkan
secara tepat.
-
meningkatkan penggunaan semua
unsur
dlm penentuan posisi kpl bila
satu
metode tdk dpt di terapkan ,mk
pakai
metode lain.
-
penggunaan perencanaan plyran &
system navigasi yg membolehkan
monitoring
& diteksi terus menerus
dr penyimpanganj thdp alur jika
berlayar
di perairan sempit.
b. standing order adalah
pemberitahu-
an
/perintah dari nakhoda agar kapal
dan
seluruh crew nya bersiap-siap utk
tiba atau berangkat ke dan dari pela-
buhan tujuan dan di laksanankan oleh
seluruh
crew kapal sesuai dg jabatan
nya
masing2.
40. pada waktu akan menyerahkan
tugas jaga laut,apa saja
yg hrs anda
lakukan jika :
a. perwira jaga
pengganti menurut
anda tdk dlm kondisi
pisik dan
mental yg sehat.
b. tepat pada saat serah
terima
jaga,kpl sedang
merubah haluan
menyimpangi kpl
lain.
Jawab :
a.tindakan
perwira jaga pd waktu akn
serah terima tgs jaga jika perwira
pengganti tdk dlm kondisi phisik &
mental yg sehat adalah tdk menye-
rahkan tgs jaga nya karena perwira
jaga yg sedang tdk fit atau sehat tdk di
benarkan untuk melakukan tgs jaga &
hrs di tangguhkan atau digantikan dg
perwira jaga lainnya demi keselamatan
kapal.
b.
tindakan perwira jaga pd waktu akn
serah terima tgs jaga,kapal sedang
merubah haluan menyimpangi kpl
adalah hrs di selesaikan terlebihdahu-
lu sampai perubahan haluan selesai
dilaksanakan sampai kondisi jaga
aman untuk melanjutkan tgs jaga
berikutnya.
41. apa yg hrs anda lakukan sbg
tindakan berjaga-jaga
jika.
a. kpl berada pd akhir
baganpemi-
sah (traffic
separation scheme)
b. kpl akan memasuki
daerah
tampak terbatas.
Jawab :
a.yg
hrs di lakukan kpl pd akhir
bagan pemisah adalah :
-
berlayar menjauhi daerah pemisah
& keluar bagan pemisah pd ujung
jalur & berlayar sesuai arah jalur.
-
berlayar dg hati2 & waspada.
-
lapor ke VTIS setempat,bahwa akan
keluar dari TSS.
b.yg
hrs di lakukan pd saat kpl akan
memasuki daerah tampak terbatas
yaitu :
- menyalakan
lampupenerangan
navigasi
- menghidupkan
radar
- menyiapkan
isyarat bunyi
-
menyiapkan pembantu peng-amat
- menyiapkan
mesin
- memberitahu
nakhoda
- mengurangi
kecepan
- mendapatkan
posisi kpl sesegera
mungkin.
42. jelaskan dg gbr prosedur penyusul-
an kpl.
a. diatur pelayaran
sempit sesuai
aturan 9.
b. dilaut bebas sesuai
aturan 13.
Jawab :
a.prosedur
penyusulan di alur pela-
yaran sempit adalah harus membu-
nyikan isyarat bunyi,jika menyusul
lambung kanan 2 panjang 1 pendek
(
̶ ̶ . ) sebelah kiri 2 panjang 2
pendek (
̶ ̶ . . ).Jika kapal yg di-
susul setuju membunyikan 1 tiup
panjang ,1 tiup pendek,1 tiup panjang
dan 1 tiup pendek ( ̶
. ̶ . ) ,dan jika
ragu2 hrs membunyikan
5 tiup pendek
(
. . . . . )
Kapal yg di susul
Kapal yg menyusul
b.prosedur
penyusulan di laut bebas
adalah memperhatikan situasi dan
kondisi dan apabila sudah memasuki
sudut 22.5° dari buritan kpl yg di susul
mk sudah di anggap menyusul.
kapal
yg di susul
22.5°
kapal
yg menyusul
43. a. Sebutkan hal2 pokok ygdicantum
kan dlm suatu
‘master standing
orders’
b. jelaskan maksud
catatan dibuku
harian kpl berikut
ini,’under master’s
command and pilot
advices’.
Jawab :
a.hal2 yg di cantumkan dlm master
standing order yaitu :
- kesiapan2 crew dek/mesin sebelum
kapal berangkat /tiba di pelabuhan.
- kesiapan peralatan: mesin induk,
mesin bantu,winch jangkar/tali,air
jangkar.
- tanda tangan dari perwiradek/mesin,
bosun master.
- tgl berangkat/tiba dan jam nya.
- permintaan nakhoda agar seluruh
crew standby.
b.under master command and pilot
advices adalah
komando dan tang-
gung jawab ada
di tangan nakhoda
dan pandu hanya
sebagai penasehat
atau pemberi
saran yg berhubungan
dg keselamatan pelayaran
termasuk
gambaran dari
daerah di mana kapal
berlayar yg
meliputi karakter2 khusus
daerah itu.
44. . jika dilayar radar nampak echo sbh
target kpl pd jarak 10
mil tepat
dihaluan.
a. jelaskan kemungkinan2 situasi
thp kpl kita.
b. sebutkan kemungkinan yg paling
berbahaya dan terangkan meng
apa demikian.
Jawab :
a.kemungkinan situasi yg timbul jika
di layar radar
nampak echo sebuah
target kpl pd
jarak 10 mil tepat di
haluan yaitu:
-
situasi berhadapan,jika pd siang hari
terlihat 2 tiang menjadi satu dan pd
malam hari 2 lampu tiang menjadi
satu di tambah lambung kanan kiri.
-
situasi persilangan,jika di lihat salah
satu lampu lambung berada didepan
kpl kita.
b.kemungkinan
yg paling berbahaya
jika di layar radar nampak echo
sebuah target kpl pd jarak 10 mil
tepat di haluan adalah situasi
tubruk-
an,jika
baringannya tetap dan jarak
semakin dekat mk di anggap ada
bahaya tubrukan.
45. Pada saat jaga malam hari,sbg
mualim jaga malihat
dilambung
sebelah kanan 2 surat
haluan,sbh
kpl yg nampak kedua
lampu tiang
dan lampu lambung
merahnya.
a. Tindakan apakah yg
hrs anda
lakukan sesuai
aturan 7 resiko
tubrukan?
b. Jika resiko tubrukan
itu dianggap
ada,tindakan yg anda
lakukan
sesuai aturan 15
bersilangan.
Jawab :
a.tindakan
yg di lakukan pd situasi
persilangan (kita melihat lampu
lambung merah nya ) sesuai aturan
7 resiko tubrukan yaitu:
-
tindakan hrs tegas dlm wkt yg cukup
-
perubahan haluan hrs besar shg
mnjadi jelas dan nyata.
-
tindakan perubahan haluan apabila
perairan memungkinkan.
-
hrs memiliki jarak aman dan peru
bahan kecepatan.
b.tindakan
yg hrs di lakukan jika
resiko
tubrukan di anggap ada
sesuai aturan 15 situasi persilangan
adalah :
- mk
kapal yg mendapatkan kapal lain
itu
pd lambung kanan nya / melihat
lampu lambung merah nya hrs
menyimpang
dan jika keadaan pe-
ristiwa
mengijinkan hrs menghindari
utk
memotong di muka kapal yg lain
itu.
46. Sebutkan langkah2 yg hrs dilakukan
sesuai dg Bridge
Procedure Guide,
pd wkt :
a. One Hour Notice to
EngineRoom,
kpl akn berangkat.
b. Taking Over The Sea
Watch
dilaut.
Jawab :
langkah2 yg hrs di lakukan sesuai Bridge Procedure Guide
pd :
a.one hour notice to engine room
kapal akan
berangkat
adalah:
- menyiapkan mesin induk,
- menyiapkanmesin kemudi,
- menyiapkanlistrik,
- menyiapkanmesin jangkar,
- menyiapkansuling,
-
menyiapkanmesin winchless dsb
agar
kamar mesin siap untuk
persiapan kapal berangkat.
b.taking
over the sea watch di laut
adalah :
-
Perwira pengganti hrs menjamin
bhwa anggotanya mampumenjalan-
kan tugas dg baik mampu menye-
suaikan
pandangan di mlm hari
- Perwira
pengganti hrs memperoleh
kepastian
ttg :
* perintah harian dan petunjuk
khusus nakhoda berkaitan dg
navigasi.
* posisi,haluan,kecepatan dan
sarat kpl.
* keadaan laut saat itu.
* prosedur penggunaan mesin
induk utk olah gerak jika dlm
kaadan darurat.
* kondisi semua alat navigasi hrs
baik.
47. Jelaskan dg gbr prosedur
penyusulan antar kpl.
a. sesuai aturan 13
(dilaut lepas)
b. sesuai aturan 9
(dialur pelayaran
sempit)
Jawab :
a.
prosedur penyusulan di laut bebas
adalah memperhatikan situasi dan
kondisi dan apabila sudah memasuki
sudut 22.5° dari buritan kpl yg di susul
mk sudah di anggap menyusul.
kapal
yg di susul
22.5°
kapal
yg menyusul
b.
prosedur penyusulan di alur pela-
yaran sempit adalah harus membu-
nyikan isyarat bunyi,jika menyusul
lambung kanan 2 panjang 1 pendek
(
̶ ̶ . ) sebelah kiri 2 panjang 2
pendek (
̶ ̶ . . ).Jika kapal yg di-
susul setuju membunyikan 1 tiup
panjang ,1 tiup pendek,1 tiup panjang
dan 1 tiup pendek ( ̶
. ̶ . ) ,dan jika
ragu2 hrs membunyikan
5 tiup pendek
( . . . . . )
Kapal yg di susul
Kapal yg menyusul
48. Langkah apa yg hrs anda lakukan
sbg perwira jaga,jika :
a. Dimalam hari melihat
isyarat
cahaya yg berarti
“WHAT SHIP’’
b. Kpl berlayar
melintasi ‘’Reporting
Point’’ didlm suatru
vessel’s traffic
system pelabuhan.
Jawab :
a.tindakan
perwira jaga jika pd malam
hari melihat isyarat cahaya yg
berarti “what ship” yaitu :
-
menjawab dg mengisyaratkan
isyarat cahaya 1 kilatan panjang
( ̶ )
atau dg membunyikan isyarat
bunyi 1 tiup panjang ( ̶ ).
-
melakukan pengamatan dg seksa-
ma dan cermat untuk mendukung
keselamatan navigasi.
-
melakukan baringan thd kpl yg
mengisyaratkan cahaya,apakah
ada resiko tubrukan atau tdk.
-
melakukan komunikasi dg kapal yg
mengisyaratkan cahaya itu,untuk
tujuan tindakan apa yg hrs di
lakukan oleh masing2 kapal.
-
menggunakan sarana bantu
navigasi( radar,binocular dll ) untuk
mengamati kapal yg mengisyarat-
kan cahaya itu untuk mencegah
terjadinya tubrukan.
b.
tindakan perwira jaga jika melintasi
“Reporting Point” pd VTS yaitu :
- melaporkanposisi,haluan,kec,
tujuan dan ETA ke VTS setempat.
- melaporkan apakah ada muatan
berbahaya atau tdk.
- minta informasi kpd VTS tentang
keadaan di sekitar perairan yg di
layari
- lapor ke VTIS apabila akan
memotong alur pelayaran.
49. Dilayar radar pada jarak 10 mil tepat
dihaluan tampak echo
suatu target,
tindakan apa yg hrs anda
lakukan
sbg perwira jaga,jika
target itu adlah:
a. Kpl yg dlm situasi
berhadapan
b. Anda menyusul kpl
tsb.
c. Sbh pulau atau
daratan.
Jawab :
a.tindakan
yg hrs di lakukan jika di
layar radar tampak echo suatu
target pd jarak 10 mil tepat di
haluan pada situasi berhadapan
yaitu:
-
hrs selalu berpegang bahwa baha-
ya tubrukan dpt terjadi kapan saja
& dalam keadaan apapun ,mk kita
hrs selalu waspada.
-
segera lakukan perubahan haluan
kekanan sesuai dg aturan 14,apa-
bila keadaan perairan memungkinkan
b.
tindakan yg hrs di lakukan jika di
layar radar tampak echo suatu
target pd jarak 10 mil tepat di
haluan pada situasi menyusul
kapal lain yaitu:
- memeriksa perubahan haluan
kapal tsb.
- amati perubahan kecepatan kapal
kita thd kapal tsb.
- apabila mungkin untuk melakukan
penyusulan ,jaga jarak aman &
berikan isyarat penyusulan.
- bila telah menerima isyarat perse-
tujuan dari kapal di depan tsb baru
kita lakukan penyusulan.
c.
tindakan yg hrs di lakukan jika di
layar radar tampak echo suatu
target pd jarak 10 mil tepat di
haluan pada situasi sebuah pulau
atau daratan yaitu:
- melakukan pengamatan dg me
merinahkan juru mudi,mengati dg
seksama ,apakah ada kapal atau
nelayan di sekitar pulau tsb,jika
perlu kita mengurangi laju kapal.
- memeriksa perairan di pulau tsb di
peta apakah aman bila melakukan
perubahan haluan ,dg jarak terten
tu dari pulau tsb dan simpulkan
berapa besar perubahan haluan
yg aman yg dapat kita lakukan.
- lakukan perubahan haluan.
50. Apakah yg dimaksud dg istilah
berikut ini :
a. Kpl bantal
udara,sedang bero-
perasi tanpa berat
benaman.
b. Mempertahankan haluan
dan
kecepatan.
c. Kondisi saling
melihat
d. Penerangan tiang.
Jawab :
a.kapal
bantalan udara ,sedang
beroperasi tanpa berat benaman=
kapal yg menggunakan bantalan
udara untuk berolah gerak di air ,shg
oleh karena ada bantalan udaranya itu
kapal tdk mempunyai berat benaman
tetapi bisa berolah gerak di air.
b.mempertahankan
haluan &
kecepatan= mempertahankan
haluan
dan kecepatan kapal dg sedemikian
rupa( sesuai aturan 17 P2TL ) karena
dalam situasi tertentu ada kapal lain
sudah di haruskan untuk menyimpang
dari kpl kita (sesuai aturan 16 P2TL).
c.kondisi
saling melihat=apabila
masing2 kapal dapat mengamati kapal
lain tsb secara visual.
d.penerangan
tiang=lampu putih yg di
tempatkan di atas garis pertengahan
muka-belakang kapal yg memperlihat-
kan cahaya tetap,meliputi busurcakra-
wala sebesar 225° dan di pasang
demikian,shg emperlihatkan cahaya
dari lurus ke muka sampai 22,5° lebih
ke belakang dari pada arah melintang
pd masing2 lambung kapal.
51. a.Sebutkan tugas dan tanggung
jawab perwira jaga
dianjungan,
secara garis besarnya
pada saat
kpl sedang berlayar
dilaut lepas.
b. Sebutkan tugas dan
tanggung
jawab seorang
pandu,yg sedang
bertugas
dikpl tenaga yg sedang
berlayar.
c. Bagaiman tindakan
seorang
perwira jaga,apabila
timbul
keraguan thp
tindakan pandu?
Jawab :
a.Tugas
& tanggung jawab perwira
tgs jaga di anjungan pd saat
berlayar yaitu:
Melayarkan kapal dari suatu tempat
tolak ke tempat tujuan dgmemperhati-
kan :keamanan kapal,keamanan
muatan,penentuan posisi,terhindar
dari bahaya navbigasi dll.menurut
aturan 2 b pertanggungan jawab hrs
memperhatikan semua bahaya
navigasi & mencegah bahaya tubruk-
an termasuk keadaan khusus ,keter-
batasan kapal yg bersangkutan,yg
dapat memaksa menyimpang dari
aturan2 ini,untuk menghindari
bahaya yg mendadak.
b.tugas
& tanggungjawab seorang
pandu di kapal tenaga yg sedang
berlayar: menyarankan atau
memberi
arahan agar kapal dalam pelayaran-
nya aman,selamat dan efisien serta
memberikan informasi2 tentangkondisi
lokal perairan setempat mengenai :
dlm dan lebarnya perairan,kepadatan
lalu lintas kapal,rambu2 navigasi dan
keadaan khusus perairan.
c.tindakan
perwira jaga apabila timbul
keragu-raguan thd tindakan pandu
yaitu : perwira jaga hrs minta penjelas-
an dr pandu, dan jika keraguan tetap
berlanjut hrs memberitahu nakhoda
secepatnya dan mengambil tindakan
apa saja yg perlu sebelum nakhoda
datang.jika amat perlu segera meng-
ambil alih komando dari pandu,karena
pandu hanya sebagai penasehat di
atas kapal.
52. Pada saat kpl anda mendekati kapal
lain.
a. Bilamana pendekatan
itu disebut
sbg situasi saling
berhadapan?
b. Pada saat kpn anda
mengguna-
kan aturan V?
c. Kpl yg diwajibkan
menyimpang
bolehkah merubah
haluan kekiri
bila dlm situasi saling memotong?
Jawab :
a.kapal
saling mendekat, bilamana
pendekatan itu di sebut sebagai
situasi berhadapan yaitu:
jika pd siang hari terlihat 2 tiang
menjadi satu dan pd malam hari 2
lampu tiang menjadi satu di tambah
lambung kanan kiri.
b.dalam
situasi berhadapan ,kapan
menggunakan aturan 5 adalah setiap
saat dg pengamatan yg cermat,mene-
liti,mengamati & memperhitungkan
tindakan yg layak thd situasi & bahaya
tubrukan dg menggunakan sarana yg
ada di anjungan ( binocullar,radar,alat
baring,radio telephony dsb ).
c.dalam
situasi saling memotong kpl
yg di wajibkan menyimpang boleh-
kah merubah haluan kekiri.
sesuai aturan 15 kapal yg mendapat-
kan kapal lain itu pd lambung kanan
nya hrs menyimpang,& jika keadaan
mengijinkan,hrs menghindari memo-
tong di muka kapal lain itu .mk kapal
yg diwajibkan menyimpang boleh
merubah haluan kekiri selama sudut
antara kedua kapal semakin membe-
sar dan tdk menimbulkan bahaya
tubrukan.
53. a. Bagaimana tingkat tanggung
jawab antar kpl
menurut aturan
18?jelaskan!
b. Bila akan terjadi
bahaya menda-
dak bolehkah kita
menghindar
dari peraturan p2tl?
c. Kpn anda mengetahui
akn terjadi
nya bahaya tubrukan
itu?
Jawab :
a.tingkat
tanggungjawab antar kapal
menurut aturan
18
yaitu :
@ kapal tenaga yg sedang berlayar
hrs menghindari kapal.
- Kapal yg tdk dapat di olah gerak
- Kapal yg terbatas kemampuan
olah gerak nya.
- Kapal yg sedang menangkap
ikan.
- Kapal layar.
@ kapal layar yg sedang berlayar hrs
menghindari kapal.
- Kapal yg tdk dpt di olah gerak
- Kapal yg terbatas kemampuan
olah gerak nya.Kapal yg sedang
menagkap ikan.
@ kapal yg sedang menangkap ikan
yg sedang berlayar hrs meng-
hindari kapal.
- Kapal yg tdk dpt di olah gerak.
- Kapal yg terbatas kemampuan
olah gerak nya.
@ setiap kapal kecuali kapal yg tdk
dpt di olah gerak & kapal yg
terbatas kemampuan olah gerak
nya hrs menghindari kapal yg
terkekang oleh sarat nya.
@ pesawat terbang laut yg sedang
berolah gerak di air hrs meng-
hindari & membebaskan semua
kapal.
b.bila
akan terjadi bahaya mendadak
bolehkah
menghindar dari aturan
P2TL.boleh
menyimpang (aturan 2 b)
demi keselamatan navigasi &
menghindari bahaya yg mendadak.
c.
cara mengetahui bahwa ada resiko
tubrukan :
- Merasa ragu2.
- Perubahan baringan pedoman kpl
yg mendekat dg perubahan yg tdk
berarti.
- Perubahan baringan besar,tetapi
mendekati
kapal yg sangat besar,
kapal tunda,dalam jarak terlalu
dekat.
54.
a. Faktor2 apakah yg hrs
anda
pertimbangkan saat
memasuki
APS (alur pelayaran
sempit)?
b. Jelaskan proses
penyusulan pd
alur tsb!
c. Jelaskan tata cara
berlayar di
APS sesuai aturan?
Jawab :
a.faktor2 yg hrs di pertimbangkan
saat memasuki APS yaitu:
- Kepadatan
LALIN
- Kedalaman
perairan tsb
- Keadaan
cuaca
- Kecepatan
aman dari kapal itu
sendiri
- Jarak
pandang,dll
b.
prosedur penyusulan di alur pela-
yaran sempit adalah harus membu-
nyikan isyarat bunyi,jika menyusul
lambung kanan 2 panjang 1 pendek
(
̶ ̶ .
) sebelah kiri 2 panjang 2
pendek (
̶ ̶ . . ).Jika kapal yg di-
susul setuju membunyikan 1 tiup
panjang ,1 tiup pendek,1 tiup panjang
dan 1 tiup pendek ( ̶
. ̶ . ) ,dan jika
ragu2 hrs membunyikan
5 tiup pendek
( . . . . . )
c.tata cara berlayar d APS sesuai
aturan P2TL adalah Berlayar sedekat
mungkin dg batas
luar alur yg berada
pd sisi lambung
kanan kapal selama
masih aman &
dpt di laksanakan.
55. a. Hal-hal apakah yg perlu anda
perhatikan saat
serah terima
tugas jaga laut?
b.
Apa tujuanya dibentuknya
organisasi anjungan
?jelaskan!
c. Pertukaran informasi
apa saja
nakhoda dan pandu
diatas kpl?
jelaskan!
Jawab :
a.hal2
yg hrs di perhatikan saat serah
terima tgs jaga yaitu :
- Perwira
pengganti tdk boleh meng-
ambil
alih tgs jaga sebelum menye-
suaikan
sepenuh nya pandangan dg
kondisi
cahaya yg ada.
-
Perwira pengganti hrs menjamin
anggotanya mampu menjalankan
tgs2
khususnya.
- Perwira
pengganti mendapat kepas-
tian
tentang posisi kapal sebenar-
nya/posisi
duga,kejelasan mengenai
haluan
dan kecepatan pengendalian
machinery
space(UMS)dan mencatat
semua
bahaya navigasi selama tgs
jaganya,standing
order/night order,
sarat
kapal,kondisi laut pd saat itu,
keadaan
cuaca,jarak tampak,
pengaruh hal2 tsb thd haluan &
kecepatan
kapal.
- Prosedur2
penggunaan mesin induk
untuk
olah gerak kapal jika mesin
induk berada di bawah kendali
anjungan.
- Situasi
navigasi termasuk : kondisi
operasional
seluruh peralatan navi-
gasi,kesalahan
kompas gyro & kom-
pas
magnit,adanya kapal2 lain yg
terlihat,kemungkinan
adanya efek2
kemiringan
,trim dan berat jenis air.
- Serah
terima dapat di tangguhkan
jika
perwira yg di ganti dalam keada-
an
mendesak (olah gerak menghin-
dari
tubrukan).
b.tujuan di bentuknya organisasi
anjungan yaitu :
- Mngurangi resiko dari penyimpang-
an seseorang yg dpt menimbulkan
kecelakaan.
- Menekan akan pentingnya penga-
matan yg baik & mnghindari adanya
bhaya tubrukan.
- Mningkatkan kewaspadaan agar kpl
dpt tiba dipelbhn. Tujuan dg slamat.
- Bagaimana mempersiapkan kesela-
matan navigasi dilakukan dg baik.
- Bagaimana arahan nakhoda didu-
kung oleh para Perwira & awak kpl
shg keadaan kpl dlm kondisi terkon-
trol dg baik & didukung oleh pandu.
c.informasi
pertukaran antara
nakhoda & pandu yaitu:
- Data2
karakteristik kapal.
- Ship
particular.
- Keadaan
setempat perairan/kondisi
lokal.
- Data2
penanganan kpl yg relevan,
mis.
Draft, trim 7 lingkaran putar kpl.
-
Sifat2 manuver kpl pd kedlaman
dari lebar perairan yg besar.
- Hal
yg diusulkan rencana, alternatif,
tempat berlabuh jangkar yg baik
dan
tempat sandar.
56. a. Apa yg dimaksud dg standing
order itu? Dan
dibuat oleh siapa?
b. Jlskan prinsip2 dasar
dlm melak-
sanakan tgs jaga yg
baik sesuai
STCW 78 amandemen
95,jelaskan!
c. Seorang perwira jaga
dlm melak-
sanakan tgs jaga
laut hrs dpt
menguasai
anjungan.apakah
maksudnya?jelaskan
jawaban anda!
Jawab :
a. standing order adalah
pemberitahu-
an
/perintah dari nakhoda agar kapal
dan
seluruh crew nya bersiap-siap utk
tiba atau berangkat ke dan dari pela-
buhan tujuan dan di laksanankan oleh
seluruh crew kapal sesuai dg jabatan
nya masing2.
b.prinsip2
dasar dalam melaksanakan
tgs jaga yg baik sesuai STCW ’78
amandemen ’95 yaitu :
- Prinsip2
dasar yg hrs di patuhi dlm
memelihara
suatu tgs navigasi yg
aman.
- Rekomendasi
untuk pedoman ope-
rasional
untuk perwira tgs jaga yg
bertanggungjawab
atas suatu tgs
navigasi.
- Rekomendasi2
atas pedoman prin-
sip
dan operasional bagi para per-
wira geladak kapal yg bertanggung-
jawab
atas penjagaan di pelabuhan
c.menguasai
anjungan maksudnya
yaitu :
- Dapat
menguasai serta mengetahui
keadaan
kapal & sekeliling nya dari
anjungan.
- Dapat
menguasai penggunaan se-
mua
alat navigasi yg ada di anjung-
an dalam hal mengambil tindakan
untuk keselamatan kapal dari
bahaya2
khusus navigasi.
- Mengetahui
perintah2 harian & pe-
tunjuk2
khusus dari nakhoda
- Mengetahui
setiap saat posisi,
haluan,kecepatan dan sarat kapal.
57. a. Apakah kpl2 dpt memperlihatkan
penerangan2 tambahan
/ isyarat2
tambahan selain dr
ketentuan yg
ada?jlskan!
b. Apa tujuan
dilaksanakan suatu
pengamatan ?
c. Apa yg dimaksud dg
kpl yg tdk dpt
dikendalikan(Not Under
Command)?
Jawab :
a.dapatkah
memperlihatkan pene-
rangan/isyarat2 tambahan selain
dari ketentuan yg ada : Dpt jika di-
anggap perlu sesuai menurut atauran
37, dimana setiap kpl bleh menguna-
an penerangan2/isarat tmbhan sbg
suatu isyarat menarik perhatian kpl2
lain, apabila menghadapi suatu bhaya.
b.tujuan
di laksanakan suatu
pengamatan yaitu :untuk membuat
penilaian lengkap tentang adanya
bahaya yg mengancam keselamtan
pelayaran, di laksanakan setiap saat
dan di lakukan dg peralatan yg ada
diatas kapal maupun dg visual,pen-
dengaran,dll
c
.Not under command adalah kapal
yg oleh karena sesuatu keadaan
istimewa tdk mampu di kendalikan
sebagaimana ditetapkan oleh aturan2
P2TL dan oleh karena nya tdk
mampu menyimpangi kapal lain nya.
59. Penerangan2 apakah yg hrs diper-
lihatkan oleh kpl2
dibawah ini :
a. Kapal Induk (yg melandaskan
pesawat)
b. Kapal pembersih ranjau
c. Kapal keruk
d. Kapal yg tersekap
saratnya
Jawab :
a.kapal
induk yg melandaskan
pesawat = Merah putih merah
ber-
susun tegak lurus ditambah penerang-
an nav. & penerangan yg memudah-
kan bhw kpl tsb kpl induk.
b.kapal
pembersih ranjau = memper-
lihatkan 3 lampu hijau keliling atau 3
bola, 1 dari lampu2 atau sosok benda
ini di perlihatkan di dekat puncak tiang
muka dan 1 pd tiap ujung andang2
muka lampu2 atau sosok benda.
c.kapal
keruk = memperlihatkan 3
lampu keliling dlm garis tegak,yg
paling atas & bawah (merah) yg
tengah (putih) atau 3 sosok benda dlm
garis tegak ,yg tertinggi dan terendah
(bola) dan yg tengah (belah ketupat)
apabila ada laju thd air hrs memperli-
hatkan lampu tiang,lambung & buritan.
d.kapal
yg terkekang oleh saratnya =
memperlihatkan 3 lampu merah
keliling dalam garis tegak atau sebuah
silinder.
60. a. Kapankah seorang perwira jaga
hrs memberitakan
nakhoda se-
suai Bab VIII STCW
95?
b. Hal-hal apa yg hrs
diperhatikan
sbg perwira jaga
navigasi wkt
berlabuh jangkar?
Jawab :
a.kapan
perwira jaga hrs memberi-
tahu nakhoda sesuai Bab VIII STCW
’95 yaitu :
- Jika
terjadi atau di perkirakan akan
terjadi
berkurangnya jarak tampak.
- Jika
kondisi LALIN & gerakan kapl2
memerlukan
perhatian khusus.
-
Sulit mempertahankan haluan yg
benar.
-
Jika dlm cuaca buruk & ragu2
mengambil
keputusan.
- Jika
peralatan radio tdk berfungsi.
-
Jika menemui/mendekatibahaya
navigasi.
b.hal2
yg hrs di perhatikan oleh perwira jaga saat berlabuh jangkar yaitu :
-
Menentukan & menggambar posisi
kapal
pd peta sedini mungkin.
-
Memastikan bahwa kapal tetap pd
posisi labuh jangkar yg aman dg
memeriksa
baringan rambu navigasi
permanen
yg ada secara berkala.
- Mengamati
keadaan cuaca ,gelom-
bang
serta jarak aman dg kapal2 lain
yg
berlabuh di sekitarnya.
-
Standby radio VHF channel 16 &
channel
port operation setempat dan
pastikan
ronda keliling tetap di jalan-
kan
oleh ABK yg di tunjuk.
- Memberitahu
nakhoda dan mengam-
bil
tindakan yg perlu sedini mungkin
jika
jangkar larat,jarak tampak tak
terbatas,ada
kapal2 yg mencurigakan
mendekat.
-
Memastikan bahwa kesiapan mesin
induk
dan mesin2 lain telah sesuai dg
petunjuk2
nakhoda.
- Memastikan bahwa kapal telah me-
nunjukkan
lampu2 dan tanda2 siang
hari
serta isyarat2 bunyi yg benar
sesuai
dg peraturan yg ada.
- Mengambil
langkah2untuk melindungi
lingkungan
dan pencemaran oleh kpl
dg mematuhi
peraturan pencegahan
pencemaran
yg berlaku.
61. Berikan definisi atau pengertian
serta keterangan/gbr
penjelas atas
ungkapan dibawah ini :
a. Penerangan olah
gerak
b. Penerangan cerlang
c. Kpl sedang menyusul
kpl lain
d. Tampak terbatas
e. Perairan sempit
Jawab :
a.
penerangan olah gerak adalah
sebuah penerangan keliling putih yg
ditempatkan dibidang tegak ygmelalui
penerangan tiang pada ketinggian
minimum 2 meter tegak lurus di atas /
dibawah penerangan tiang belakang
dan dapat kelihatan pada jarak 5 mil.
b.penerangan cerlang adalah lampu
yg berkelip-kelip dg selang waktu
teratur pd frekuensi 120 kelipan atau
lebih,setiap menit.
c.kapal
yg sedang menyusul kapal
lain adalah kapal yg telah
mendekati
kapal lain dari jurusan lebih dari 22.5°
di belakang arah melintang,shg pd
mlm hari hanya dpt melihat lampu
buritan nya
tetapi tdk satupun dari
lampu2 lambung nya kapal yg disusul.
d.
tampak terbatas =suatu kondisi di
mana pengamatan terhalang oleh
suatu sebab seperti (kabut,hujan,
badai,ombak besar dll ).
e.perairan
sempit adalah perairan yg di
batasi oleh lebar dan dlm nya
perairan,contoh : sungai ,selat.
62. a. Bagi siapa saja p2tl ini diberlaku-
kan dan dimana saja
hal ini
berlaku ?
b. Anda sbg seorg
perwira diatas
kpl,hrskah anda
memenuhi semua
aturan2 yg tercantum
dlm p2tl?
jlskan jawaban anda!
c. Kapankah saudara hrs
menem-
patkan pengawas dikapal saudara
d. Sebutkan syarat2 utk
bisa ditem-
patkan menjadi
seorang
pengawas?
Jawab :
a.P2TL
berlaku bagi : semua kapal
atau apa saja yg mengapung & bisa
memindahkan barang atau jasa dari
tempat satu ke tempat lain.serta ber-
laku di semua perairan yg dapat di
layari oleh kapal & behubungan dg
laut lepas.
b.sebagai
perwira kapal kita hrs
memenuhi semua aturan2 P2TL demi
keselamatan navigasi kapal kecuali
jika timbul bahaya2 yg mendadak yg
memaksa kita hrs menyimpang dari
aturan P2TL demi keselamatan
navigasi.
c.kapan
hrs menempatkan pengawas
di kapal yaitu :
- Dalam
perairan sempit.
- Dalam
pelayaran di selat2.
- Jika
LALIN kapal yg ramai.
- Jika
di anggap perlu dan amat pen-
ting karena kondisi perairan yg
kurang
aman untuk pelayaran.
d.syarat2
untuk jadi seorang peng-
awas yaitu :
- Dalam
kondisi fit atau sehat/bugar
yg menyangkut kesehatan jasmani
&
rohani.
-
Tdk dalam mengkonsumsi alcohol
atau
obat-obatan terlarang.
- Hrs
mampu & mengerti akan tgs nya
-
Tdk mempunyai tgs lain.
- Cakap
sebagai seorang pengawas ,
termasuk dlm menggunakan
sarana2
bantu(binocular,radar dll).
63. a. Anda berlayar diatas kpl tenaga.
dilambung kanan anda
terdapat
kpl lain.setelah
anda baring ber-
ulang kali dg selang
wkt ygsama.
ternyata baringanya
tetap.tdk
menampakan
perubahan2 yg
berarti.kemungkinan2
apakah yg
mungkin terjadi
antara kedua kpl
tsb?berikan
penjelasan seperlunya
atas jawaban saudara
itu!
b. Anda berlayar diatas
kpl tenaga
dlm daerah kabut.
Angin bertiup kencang
dari haluan.
tepat dari haluan kpl anda,anda
mendengar sayup2 isyarat
kabut
kpl lain sbb : ▬ · ·
(satu tiup pan-
jang diikuti dua tiup
pendek) ber-
turut-turut dg selang
wkt kurang
lebih 2 (dua) menit.
1. Isyarat kabut apa
sajakh itu
2. Bagaimana
tindakan anda
Selanjutnya.
Jawab :
a.kemungkinan
yg terjadi yaitu situasi
tubrukan karena baringan nya tetap
dan tdk menampakkan perubahan2 yg
berarti shg sesuai aturan 15 kita yg
mendapatkan kapal lain di lambung
kanan nya,hrs ,menyimpang dan jika
keadaan peristiwa mengijinkan hrs
menghindari utk memotong di muka
kpl yg lain itu.
b.
1. ( ̶
. . ) 1 panjang 2 pendek adalah
isyarat bunyi dalam penglihatan
terbatas oleh kapal yg tdk dpt di
olah gerak ,kapal yg terbatas ke-
mampuan olah gerak nya ,kapal
yg terkekang oleh saratnya,kapal
yg menangkap ikan ada laju thd
air dan kapal yg menunda atau
mendorong kapal lain.
2. tindakan yg hrs di lakukan jika
mendengar isyarat kabut ini
adalah
- Kurangi kecepatan jika perlu
stop,mesin mundur sampai kapal
berhenti(aturan 19 e).
- Lakukan pengamatan dg cermat
dg sarana yg ada(teropong,radar
dll) Hrs menghindari kapal itu krn
kapal tsb sulit di olah gerak.
64. Penerangan2 apa saja yg hrs
diperlihatkan pd malam
hari oleh :
(cukup dg gbr,diulihat
dari lambung
kiri)
a. Kpl sedang menangkap
ikan dg
alat bukan
dogol,panjang kpl 65
m,sedang labuh
jangkar dan
menarik alat
penangkap ikanya.
b. Kapal sedang
membersihkan
ranjau ; panjang
kapal 65 m, dg
laju 20 knots.
c. Kpl sedang
bertugaskepanduan,
berlabuh jangkar.
Jawab :
Penerangan mlm hari lambung kiri pada:
a.kapal
sedang menangkap ikan dg
alat bukan dogol,panjang kapal 65m
sedang labuh jangkar dan sedang
menarik alat penangkap ikan nya =
2 lampu tiang muka dan belakang,
lampu lambung(merah),lampu buritan
dan 2 keliling dlm garis tegak,di atas
merah,di
bawah putih
P
L jangkar keliling=360°
M
Lampu keliling=360°
P
b.kapal
pembersih ranjau panjang
65 m ,V 20 kts = 2 lampu tiang muka
dan blkg,lampu lambung(merah),
3 lampu hijau keliling(1 dekat puncak
tiang,2 pd tiap andang2 muka).
P L.tiang blkg=225°
P H
L keliling=360°
L.tiang
dpn 360°
H H
L.keliling=360° L.keliling=360°
M
Lampu lambung kiri =112.5°
c.kapal
sedang bertugas kepanduan,
berlabuh jangkar=lampu tiang,lampu
lambung(merah),2 lampu keliling(atas
putih,bawah merah).
P
L.jangkar keliling=360°
P
M
Lampu keliling=360°
65. Isyarat bunyi kabut apa saja yg hrs
diperdengarkan oleh :
a. Kapal sedang
menangkap ikan dg
dogol,berpapasan.
b. Kapal keruk yg sedang
melaku-
kan pengerukan dan
mempunyai
laju,sementara itu
hanya pd sisi
kirinya yg dpt
dilayari,sedangkan
disisi kanannya berbahaya utk
dilalui.
c. Kapal tangki raksasa
(VLCC),kan-
das bagian haluanya.
Jawab :
Isyarat bunyi kabut yang harus diper-dengarkan oleh :
a. kapal sedang menangkap ikan dg
dogol dan berpasangan adalah
1 tiup panjang dan 2 tiup pendek
(
̶ . . )
b.
kapal keruk yang sedang melaku-
kan
pengerukan sementara disisi
kirinya dapat
di layari sedangkan
sisi kanannya
berbahaya untuk di
lalui dan
mempunyai laju
adalah
1 tiup panjang 2 tiup pendek ( ̶ . .
),
sisi kanan yang berbahaya di bunyi-
kan genta secara cepat atau pene-
rangan cerlang.
c. kapal tanki raksasa, kandas bagi-
an haluannya adalah
memperde-
ngarkan 3 ketuk terpisah sebelum &
segera sesudah bunyi genta dg
cepat 5 detik di tambah gong, sbg
tambahan membunyikan suling yang
sesuai
2 tiup pendek di susul 1 tiup
panjang
( . . ̶ )
66. a. Dimana dan oleh siapakah atur-
an2 didalam
peraturan internasio-
nal mencegah
tubrukan dilaut
1972 dilaksanakan
dan ditaati.
b. Dptkah aturan2 ini
tdk dilaksana-
kan,berikan alasan!
c. Disamping aturan2
Internasional,
terdpt pula aturan
khusus (lokal
yg boleh dibuat oleh
pemerintah/
negara
setempat)Apakah persya-
ratan dari aturan
khusus ini.
Jawab :
a.menurut
aturan 1 (a ) pemberlakuan
,aturan ini
berlaku bagi
semua kpl
dilaut lepas dan di semua perairan yg
berhubungan dg laut dan dpt di layari.
aturan P2TL di
laksanakan
setiap saat
dan bagi semua kpl.
b.apakah
aturan P2TL boleh tdk di
laksanakan,
jawab.boleh tidak di laksanakan jika
timbul bahaya2 yg mendadak demi
keselamatan navigasi.
c.persyaratan
aturan2 khusus yaitu :
- aturan2
khusus itu hrs di buat semi-
rip
mungkin dg aturan internasional
shg
tdk akan di kelirukan dg tiap
lampu,sosok benda atau isyarat
apapun
yg di tetapkan dalam aturan
internasional.
- kapal
dg kontruksi khusus ,sehu-
bungan
dg jumlah,tempat,jarak atau
busur tampak lampu2 atau sosok
benda ,maupun penempatan dan
ciri2
alat isyarat bunyi ,hrs di buat
semirip mungkin dg aturan
internasional.
67. a. Jelaskan tugas dan tanggung
jawab seorang pandu
dikapal yg
sedang berlayar
b. Bagaimana hubungan krj antara
seorang pandu dg
perwira tugas
jaga dikapal dlm hal
tugas dan
kewajibannya
masing2.
c. Bagaimana tindakan perwira
tugas jaga apabila
timbul ke-
ragu2an thp seorang
pandu yg
sedang bertugas
dikpl.
Jawab :
a.tgs
dan tanggungjawab pandu pd
kapal yg sedang berlayar yaitu
menyarankan atau memberi arahan
agar kapal dalam pelayaran nya
aman,selamat dan efisien serta mem-
berikan informasi2 tentang kondisi
lokal perairan setempat mengenai :
dlm dan lebarnya perairan,kepadatan
lalu lintas kapal,rambu2 navigasi dan
keadaan khusus perairan.
b.hubungan
antara pandu dan per-
wira tgs jaga dlm hal tgs dan kewa-
jiban nya masing2 yaitu perwira jaga
memegang penuh komando navigasi
di bawah wewenang nakhoda dan
pandu menyarankan atau memberi
informasi2 yg berhubungan dg
keselamatan navigasi kapal.
c.tindakan
perwira jaga apabila timbul
keragu-raguan thd seorang pandu
adalah perwira jaga hrs minta penje-
lasan dr pandu, dan jika keraguan
tetap berlanjut hrs memberitahu
nakhoda secepatnya dan mengambil
tindakan apa saja yg perlu sebelum
nakhoda datang.jika amat perlu
segera mengambil alih komando dari
pandu, karena pandu hanya sebagai
penasehat di atas kapal.
68.
Kpl
A dan B berhadapan dan akan
terjadi bahaya tubrukan.
a. Bagaimana cara masing2 kpl utk
dpt menentukan hal
tsb.
b.
Bagaimana tindakan masing2 kpl
(A/B) berdasarkan
aturan yg
berlaku,apabila :
1. A = Tenaga ; B =
Tenaga
2. A = Tenaga ; B =
Layar
3. A = Layar ; B = Layar
4. A = Tenaga ; B = Tenaga,dlm
daerah berkabut.
Jawab :
a.cara
masing2 kapal untuk dpt
menentukan
haluan nya
adalah
masing2 kapal hrs merubah haluan
nya ke kanan,shg keduanya akan
saling berpapasan pada lambung kiri
nya (aturan 14 a).
b.tindakan
masing2 kapal jika,
1. A kapal
tenaga, B kapal tenaga
yaitu masing2 kapal hrs merubah
haluan nya ke kanan,shg keduanya
akan saling berpapasan pada lam-
bung kiri nya (aturan 14 a).
2. A kapal
tenaga , B kapal layar
Yaitu kapal A menyimpang dari
kapal B (aturan 18 a/IV) dan kapal B
mempertahankan haluan dan kece
patannya ( aturan 17 ).
3. A kapal
layar ,B kapal layar yaitu
kapal A hrs menghindari kapal B
karena kapal A mendapat angin pd
lambung kiri nya hrs menghindar
( aturan 12 a/I ).
4. A kapal tenaga,B kapal tenaga
dlm daerah berkabut yaitu kapal A
hrs menghindari kapal B karena kapal
A dapat melihat kapal B (aturan 19 d )
69. Saudara sbg perwira tugas jaga
dikpl tenaga yg sedang
berlayar
diperairan sempit
(sesuai Aturan
PIMTL 1972).
a. Tindakan apakah yg hrs dilaku-
kan utk dpt
berlayar aman.
b. Tindakan apakah yg
hrs dilakukan
apabila sedang
berlayar mendekati
tikungan (belokan) yg
terhalang
oleh pepohonan.
c. Tindakan apakah yg
hrs dilakukan
apabila akn
mendahului kpl lain dr
sebelah kiri.
Jawab :
a.tata
cara berlayar d APS sesuai
aturan P2TL adalah Berlayar
sedekat
mungkin dg batas luar alur yg berada
pd sisi lambung kanan kapal selama
masih aman & dpt di laksanakan.
b.apabila
mendekati tikungan yg ter-
halang oleh pepohonan yaitu hrs
berlayar dg penuh kewaspadaan dan
hati2 ,serta hrs membunyikan isyarat
1 tiup panjang( ̶ ) yg kemudian hrs di
balas juga dg 1 tiup panjang ( ̶ ) oleh
kapal yg sedang mendekat yg mung-
kin berada di belakang rintangan yg
terletak di antaranya.
c.apbila
akan menyusul di lambung
kiri yaitu dengan
membunyikan
isyarat bunyi 2 panjang 2 pendek
( ̶
̶ . . ) dan hrs membebaskan kapal
yg di susul sampai betul2 jarak sudah
aman.
70. a. Sebutkan tujuan pengamatan yg
baik,sesuai aturan 5
p2tl 1972.(3
jawaban)
b. Apa syaratnya jika
seorang perwi-
ra jaga navigasi dpt
dibenarkan
sbg satu2nya
pengamat
dianjungan?
Jawab :
a.tujuan
pengamatan yg baik yaitu
untuk membuat penilaian yg lengkap
thd situasi kapal ,perairan dan bahaya
tubrukan.
b.
Syaratnya jika seorang perwira
jaga navigasi dpt dibenarkan sbg
pengamat satu-2nya dianjungan
yaitu :
- Dpt mempertanggung jawabkan
tindakannya.
- Tdk
pernah lalai dlm melaksanakan
tugasnya.
- Tdk
pernah lalai dlm melaksanakan
tindakannya.
- Tidak
mempunyai tgs yg lain.
71. Apakah yg dimaksud dg istilah2 sbb
a. Kapal yg tdk dpt dikendalikan.
b. Kapal yg terkendala oleh
syaratnya.
c. Kapal tenaga
d. Penglihatan terbatas.
Jawab :
a
.Not under command adalah kapal
yg oleh karena sesuatu keadaan
istimewa tdk mampu di kendalikan
sebagaimana di tetapkan oleh aturan2
P2TL dan oleh karena nya tdk mampu
menyimpangi kapal lain nya.
b.kpl
terbts kemampuan olah gerak-
nya = kpl yg krn oleh
sifat pekerjaan-
nya yg terbatas kemampuan olah ge-
rak nya spt di isyaratkan oleh aturan
ini,shg tdk mampu menyimpangi kpl
lain.
c.kapal
tenaga adalah tiap kapal yg di-
gerakkan dg mesin
d.penglihatan
terbatas adalah tiap ke-
adaan yg mengakibatkan penglihatan
terbatas oleh kabut,halimun,hujan
salju,hujan badai,badai pasir atau
sembarang keadaan lain yg serupa.
72. a. Gbrkan sebuah tata pemisah
lalulintas beserta
keterangan
gbrnya.
b. Pd umumnya kpl tdk
blh memasu-
ki zona pemisah
ataupun memo-
tong garis
pemisah.sebutkan kpl2
yg diperbolehkan
memasuki/me-
motong zona pemisah atau
garis
pemisah.
Jawab :
a.gbr
sebuah tata pemisah lalu lintas
beserta keterangan gbr nya yaitu :
Pantai
In shore traffic zone Bouy
_
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
traffic line
separation zone TSS
traffic
line
separation
line
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
_ _ _ _
In shore traffic zone Bouy
Pantai
b.yg
boleh memotong di zona
pemisah yaitu :
- kapal
yg dalam keadaan darurat,
untuk menghindari bahaya yg
mendadak.
-
kapal ikan sedang menangkap ikan
di
zona pemisah.
- kapal
yg terbatas kemampuan olah
gerak
nya yg sedang melaksanakan
tgs
untuk pemeliharaan keselamat-
an pelayaran ,memasang,merawat
atau
mengangkat kabel laut.
73. Dlm keadaan saling melihat terdpt
dua buah kpl yg haluanya
bersilang-
an dan akan
mengakibatkan
tubrukan.
a. Sebutkan tindakan2
menghindari
tubrukan sesuai dg
aturan 8 ?
b. Bagaimana tindakan2
kpl lain yg
bertahan sesuai dg
aturan 17 ?
Jawab :
a.
tindakan perwira jaga dlm tampak
terbatas sehubungan dg meng-
hindari bahaya tubrukan yaitu :
- tindakan
hrs tegas dlm wkt yg cukp
-
perubahan haluan hrs besar shg
mnjadi
jelas dan nyata.
- tindakan
perubahan haluan apabila
perairan
memungkinkan.
- hrs
memiliki jarak aman dan peru-
bahan
kecepatan.
b.tindakan
kapal yg bertahan sesuai
aturan 17 yaitu hrs
mempertahankan
haluan dan lajunya,tetapi jika kapal yg
di wajibkan untuk menyimpang tdk
mengambil tindakan yg sesuai kapal
yg bertahan boleh bertindak untuk
menghindari tubrukan dg olah gerak-
nya sendiri,segera setelah jelas
baginya.
74. Kpl anda sedang berlayar pd malam
hari dan mengalami
kerusakan
mesin.
a. Apakah yg anda lakukan pd pe-
nerangan navigasi?
b. Jika kpl kemudian berlabuh jang-
kar,apa yg anda
lakukan pd pe-
nerangan navigasi?
c. Jika
kpl hanyut dan kandas,pene-
rangan apa yg hrs
anda nyalakan?
Jawab :
a.penerangan
navigasi kapal sedang
berlayar rusak mesin yaitu :
- mematikan
lampu2 navigasinya ke-
mudian
menyalakan 2 lampu merah
keliling.
b.kapal
rusak mesin kemudian berla-
buh jangkar penerangan nya yaitu :
- menyalakan
2 lampu merah keliling
di
tambah lampu jangkar putih keli-
ling, kapal panjang > 50 m , 2 buah
lampu
jangkar putih keliling dihalu-
an
dan buritan lebih rendah dari pd
lampu yg di haluan.
- menyalakan
2 lampu merah keliling
ditambah lampu jangkar putih keli-
ling
,kapal panjang < 50 m , 1buah
lampu
jangkar putih keliling di haluan
c.kapal rusak mesin sedang berlabuh
jangkar kemudian
hanyut dan
kandas
penerangan nya
yaitu:
- menyalakan
2 lampu merah keliling
kemudian saat kandas mengganti-
nya dg menyalakan 3 lampu merah
keliling
tanpa menyalakan lampu2
navigasinya.
Definisi-definisi
Kata kapal :mencakup setiap jenis
kendaraan air termasuk kapal tanpa benaman (displacement)dan pesawat terbang
laut,yang digunakan atau dapat digunakan ebagai sarana angkutan laut
Kapal tenaga :berarti setiap
kapal yang digerakan dengan mesin
Kapal layar :berarti setiap kapal
yang sedang berlayar dengan menggunakan layar ,dengan ketentuan bahwa mesin
penggeraknya tidak digunakan.
Kapal yang sedang menangkap ikan
:berarti setiap kapal yang menangkap ikan dengan jarring,tali pancing ,pukat
atau alat2 penangkap ikan lainnya yang membatasi kemampuan olah geraknya
,tetapi tidak termasuk kapal yang menangkap ikan lainnya yang tidak membatasi
kemampuan olah geraknya.
--pesawat terbang laut
ialah:mencakup setiap pesawat terbang yang dibuat untuk mengolah gerak diatas
air.
--kapal yang terbatas kemampuan
olah geraknya ialah:berarti kapal yang akrena sifatnya pekerjaanya
mengakibatakan kemampuan untuk mengolah gerak seperti yang diisyaratkan oleh
aturan2 ini menjadi terbatas dan oleh karena nya tdk mampu untuk menyimpangi
kapal lain.
Contoh :
a.kapal yang digunakan untuk
memasang ,merawat atau mengangkat merkah navigasi kabel laut atau pipa dalam
laut.
b.kapal yang sedang melakukan
pengerukan,penelitian atau pekerjaan2 dibawah air.
c.kapal yang melakukan pengisian
atau pemindahan atau mauatan pada waktu sedang berlayar.
d.kapal yang digunakan untuk
meluncurkan atau sedang mendaratkan kembali pesawat terbang.
e.kapal yang sdeang melakukan
kegiatan memisahkan ranjau laut
f.kapal yang dipergunakan dalam
pekerjaan menunda sehingga mengakibatkan tdk mampu untuk menyimpang dari
haluannya.
--kapal yang terkukung oleh
saratnya ialah:berarti kapal yang karena saratnya thd kedalaman air dan
lebarnya perairan yg dapat dilayari mengakibatkan terbatasnya kemampuan olah
geraknya untuk menyimpang dari garis haluan yang sedang dilayarinya.
--sedang berlayar ialah:berarti
kapal tidak berlabuh jangkar atau terbatas pada daratan atau kandas.
--saling melihat ialah:satu sama
lainnya hanya apabila kapal yang satu dapat dilihat dengan nyata oleh kapal lainnya.
--penglihatan terbatas
ialah:berartis setiap keadaan dimana daya tampaknya dibatasi oleh kabut,cuaca
redup,hujan salju,hujan badai,badai pasir atau setiap keadaan lain yang serupa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar